GRATIS Panduan ECourse Cara Membuat Landing Page 2023 bersama Agungnesia Klik Disini

Langkah menejemen dalam perusahaan

Pendahuluan

Keberhasilan suatu perusahaan tidak lepas dari suatu menejemen yang baik dari perusahaan tersebut. Perusahaan yang baik pasti memiliki menejemen yang baik pula. Perusahaan itu sendiri merupakan suatu organisasi yang mengelola input atau bahan dari lingkunganya dan tanga kerja kemudian dikelola dan diproses untuk menghasilakn barang dan jasa (output) kepada masyakat atau konsumen dengan tujuan memaksimalkan penghasilan. Kalau kita lihat jenis perusahaan ada tiga macam yaitu perusahaan manufaktur, perusahaan dagang dan perusahaan jasa. Sedangkan bentuk perusahaan itu ada dua yaitu perusahaan persekutuan atau kita kenal dengan nama perseroan dan perusahaan perseorangan. Setelah kita mengatahui pengertaian perusahaan tersebut maka selanjutnya adalah kita harus memahami bagaimana menjalankan perusahaan tersebut dengan baik. Cara menjalankan perusahaan adalah dengan melalui sebuah manajemen atau pengelolaan. Manajemen itu sendiri merupakan suatu bentuk pengelolaan segala aspek yang ada dalam perusahaan, jadi semua bidang yang ada dalam perusahaan tersebut harus diolah dengan cara-cara yang benar baik dari sisi struktur organisasi, sumber daya manusia, produksi dan pemasaran yang bertujuan agar terjadi suatu kerja yang efektif dan efisien sehingga profit yang merupakan tujuan dari perushaan tersebut dapat tercapai. Pencapaian visi dan misi perusahaan tersebut dapat terlaksana dengan baik jika mejemen yang digunakan adalah menejemen yang professional dan di kerjakan oleh orang yang berkompeten di bidangnya. Sedangakan para ahli menjalaskan bahwa, menejemen merupakan pencapain tujuan perusahaan dengan cara yang efektif dan efesien melalui perencanaan pengarahan dan control terhadap sumber daya yang ada. Kalau dijabarkan lebih luas lagi maka menejemen dalam perusahan dapat terbagi menjadi beberapa bagain yang masing-masing memiliki fungsinya. Karena komponen dalam organisasi suatu orgainsasi itu sangat banyak sehingga butuh pengelolaan yang tepat pada setiap bidangnya. Salah satu menejemen yang terpenting dalam organisasi adalah menejemen pemasaran, pemasaran merupakan suatu ujung tombak dalam suatu perusahaan bagaimana suatu perusahaan dapat menjual barang dan jasanya agar dapat dipakai oleh konsumen. Dalam bidang manajemen marketing tidak hanya mengenai penjualan barang akan tetapi juga melibatkan sumber daya manusia sebagai pelaku utamanya. Oleh karena itu seperti apakah mangemen yang baik dalam perusahaan akan dijelaskan berikut pada laporan ini.

Pembahasan

Menejemen dalam suatu perusahaan sangat berkitan sekali dengan sumber daya manusia yang ada dalam perusahaan tersebut, manusia sebgai pelaku yang menjalankan sebuah sistem pengelolaan yang dinamakan menejemen. Menejemen itu sendiri berasal dari bahasa inggris “manage” yang artinya mengatur, mengelola. Sedangkan arti dari menejemen itu sendiri adalah memimpin serta membuat keputusan dalam suatu organisasi dalam bentuk pengendalian sebagai suatu proses dalam mengendalikan atau mengontrol baik orang atau jasa. Meurut R. Terry menejemen merupakan tindakan yang khas dalam suatu organisasi baik mulai dari perencanaan, pengoraganisasian, pergerakan dan pengendalina untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan oleh perusahaan melalui pengelolaan sumber daya manusia dan sumber daya perusahaan lainya.

Setelah kita mengetahui pengertaian menejemen secara umum maka selanjutnya adalah kita akan mempelajari apakah pemasaran itu. Pemasaran berperan sangata penting dalam perusahaan, megapa tidak? Karena hampir 90 persen kesuksesan dalam sebuah bisnis atau perushaan tergantung pada usaha pemasaranya. Jadi dapat kita katakan pemasaran merupakan unsur yang sangat vital dalam kelangsungan suatu perusahaan. Bahkan pemasaran dalam barang atau jasa dalam perusahaan dapat dilakukan jauh-jauh hari sebelum barang dan jasa tersebut diproduksi, tidak hanya mejual akan tetapi juga kepuasaan konsumen terhadap produk perusahaan. Menurut para ahli menjelaskan bahwa, pemasaran adalah kegiatan yang dilakukan dalam rangka memebuhi kebutuhan manusia melalui pertukaaran (Kolter, 1985: p. 15) . sendangkan menurut Musrid (1997: p. 26) mengemukakan bahwa semua kegaitan yang dilakukan oleh perusahaan atau perseorangan yang berkaitan dalam hal arus pendistribusian barang dan jasa dari produsen ke konsumen. Sehingga dapat kita katakan bahwa dalam pemasaran itu adalah menghubungkan barang atau jasa yang diproduksi atau disediakan untuk memehuhi berbagai kebutuhan konsumen.

Setelah kita mengetahui pengeritan manajemen dan pemasaran maka kita akan menggabungkan dua pengertian diatas dengan istilah menejemen pemasaran. Melalui sebuah menejemen yang ada dalam perusahan untuk memasarkan barang atau jasa kepada konsumen tidak hanya dilakukan dengan melakukan penjualan begitu saja, akan tetapi diperlukan sebuah pengelolaan pemasaran yang baik oleh karena itu maka, penjelasan menejemen pemasaran akan dijelaskan berikut ini. Menejemen pemasaran merupakan kegiatan utama yang dilakukan oleh suatu perusahaan atau organisasi secara terus menerus dalam rangka mempertahankan kelangsungan hidup perusahaan, pengembangan dan untuk memperoleh keuntungan yang diinginkan. Sedangkan menurut para ahli megatakan bahwa menejemen pemasaran merupakan sebuah analsis, perencanaan, pelaksanaan dan pengendalian suatu program yang telah direncanakan oleh perushaan untuk menciptakan, membangun, dan mempertahankan yang memberikan keuntungan baik produsen maupun konsumen terhadap sasaran yang telah ditetapkan (Armsrong, 2002: p. 14). Ahli lain yaitu Alma (2004: 130) menjelaskan menejemen pemasaran merupaakan perencanaan, pengarahan dan pengawasan semua kegiatan pemasaran atau bagian yang berkaitan dengan semua yang ada di pemasaran dalam perusahaan. Sehingga dapat kita katakana menejemen pemasaran merupakan perencanaan perusahaan dalam memasarkan barang dan jasa melalui suatu perencanaan analysis, pengarahan dan pengawasan yang berhubungan dengan semua hal yang berkaitan dengan pemasaran.

Seperti apakah menejemen pemsaran yang baik? Menejemen pemasaran yang baik adalah pemasaran yang mengedepankan konsep yang berkualitas, sehinggahal ini akan mendorong bisnis yang dilakukan oleh perusahaan dapat bertahan lama melalui penawaran barang atau jasa yang unik dan kreatif. Terdapat tiga unsur yang harus di perhatikan dalam menejemen konsep pemasaran yang baik:

1. Berorientasi pada konsumen, konsumen merupakan prioritas utamadalam pemasaran, karena melelui pemsaran perusahaan berusaha memenuhi berbagai kebutuhan konsumen. Seperti kata pepatah bahwa konsumen adalah raja dan perusahaan berperan sebagai pelayan untuk mereka, sehingga dengan demikian akan menjadi sebuah konsep pemasaran yang terbaik.

2. Penyusunan kegiatan pemasaran yang dilakukan secara menyeluruh, artinya adanya sebuah pengaturan secara dinamis baik dari strategi, pelaksanaan dan pengwasan dalam pemasaran barang atau jasa dan selanjutnya diadakan evaluasi terhadap menejemen tersebut.

3. Kepuasan konsumen, dalam menejemen pemasaran yang baik hendaklah memperhatikan kepuasan konsumen dengan maksimal, karena konsumen tidak hanya melihat produk dari perushaan tetapi juga cara dan strategi dalam pemasaranya. Karena tujauan akhri dari pemasaran adalah agar produk atau jasa perushaan dapat diterima oleh konsumen dengan kepuasan.

Kesimpulan

Perusahaan sebagai sebuah badan usaha yang menjalankan usahanya untuk mendapatkan sebuah hasil dari apa yang telah mereka produksi dari lingkunganya baik barang atau jasa memerlukan sebuah menejemen pengelolaan yang baik dan tepat dalam mengelola perusahaan. Menejemen yang tepat guna sangat dibutuhkan oleh perushaan agar tujuan dari perusahaan dapat tercapi sesuai dengan perencanaan yang telah ditetapkan oleh perusahaan. Menejemen yang ada dalam perusahaan sangalah bervariasi salah satu diantanya adalah menejemen pemasaran. Mengapa pemasaran dalam perushaan berperan penting dalam sebuah perushaan, karena pemasaran merupakan penentu keberlangsungan perushaan itu sendiri, sehingga dibutuhkan sebuah menejemen pemasaran yang baik. Menejemen pemasaran yang baik dalam perusahaan yaitu pemasaran yang mengutamakan kualitas dengan konsep yang kreatif dan unik. Sehingga perusahaan akan menentukan sebuah strategi yang tepat dalam pemasaran barang atau jasanya. Konsep-konsep pemasaran yang baik harus di penuhi oleh perusahaan ada tiga yaitu: berorientasi pada konsumen, penysusunan kegiatan pemasaran yang dilakukan secara menyeluruh dan memperhatikan kepuasan konsumen. Tiga unsur utama tadi menjadi kunci keberhasilan dalam menejemen pemasaran sehingga perlu diperhatikan dan kemudian dapat diterapkan yang pada akhirnya dapat mengahsilakan suatu keuntungan yang nyata dan keberhsilan dari pemasaran sesuai dengan harapan perusahaan.

Posting Komentar untuk "Langkah menejemen dalam perusahaan"