GRATIS Panduan ECourse Cara Membuat Landing Page 2023 bersama Agungnesia Klik Disini

Pesona Curug Cipendok Cilongok Purwokerto

Berkunjung ke Purwokerto tidak lengkap rasanya kalau belum berkunjung ke Curug Cipendok di Cilongok, Kabupaten Banyumas. Memang sejauh ini curug atau masyarkat jawa umumnya menyebutnya Grojogan memang belum terlalu terkenal. Hal ini terlihat dari jumlah pengunjung waktu itu (beberapa hari artikel ini di buat) pengujung hanya sekitar 40 - 50 orang saja. Mayoritas pengunjung masih di dominasi oleh penduduk sekitar terutama pasangan muda - mudi dan sebagian kecilnya lagi orang dewasa (waktu itu tidak ada anak kecil). Dengan diket hanya Rp. 7.000 per orang anda bisa masuk ke curug ini plus retribusi Rp. 1.000 per motor (roda dua). Akan tetapi jarak dari pintu tiket ke Curug masih sekitar 200 meter (kalau tidak salah). Dan membayar parkir di lokasi parkir Rp. 3.000 yang sudah di jaga oleh petugas parkir.

Jumlahnya pengunjung yang kurang begitu ramai dibanding tempat wisata lainya di kab Banyumas tidak mengurangi indahnya Pesona Curug Cipendok. Kenapa tidak. Dari lokasi Parkir menuju lokawisata anda akan menaiki sejumlah tangga batu yang sudah di desain sedemikian rupa sehingga mudah untuk menanjak. Dengan panorama pemandangan alam yang Indah tidak kalah Indahnya seperti menanjak di Grojogan sewu. Setelah melewati tangga yang berjarak sekitar 50 meter tadi anda akan berada di tempat untuk santai / istirahat. Disana sudah ada sejumlah penjaja makanan yang berada di kios - kios dengan bagunan permanen yang mungkin sudah disediakan oleh pembkab. Waktu itu jumlah kios yang buka sekitar 5 kios. Anda dapat memesan Teh, kopi, minuman, rujak, lotek, dan bakso. Dari lima kios yang berjajar itu menjual makanan yang sama / hampir sama anda tinggal pilih mana saja tetap sama (gak ada bedanya). 

Harga makanan disana murah - murah. Sama halnya dengan harga makanan di pinggir jalan. Dengna tolak ukur air meneral ukuran sedang Rp. 3.000, Mendoan satu porsi Rp. 5.000 dapet banyak lo, Lotek Rp. 6.000. Harga yang sangat murah untuk sebuah tempat wisata bukan. Jadi anda tidak perlu ragu untuk memesan terelebih para penjaja di sana kurang laris jadi ya silahkan membeli untuk melariskan dagangan mereka kawan. Para pengunjung bisa makan di warung - warung tersebut atau duduk di gasebo pajang yang berada di depan kios - kios tersebut (lokasinya agak tinggi) dengan tempat duduk yang panjang, bisa duduk sambil makan dan lihat pemandangan dari atas. Sekitar tempat istirahat ini juga terdapat tempat permainan seperti ayunan, prosotan, dll yang bisa digunakan untuk santai. Ada juga flying fox juga lo. akan tetapi waktu itu kosong dan tidak di jaga.

Lanjut ke Lokasi wisata Curug Cipendok
Dari tempat istirahat melanjutkan perjalanan ke lokasi Curug Cipendok memerlukan waktu sekitar 10 - 15 menit. Sebenarnya deket, akan tetapi harus jalan kaki kembali dengan rute menurun menuju lembah bawah jurug. Jalan kesana juga sudah berupa tangga batu yang di susun secara rapi, akan tetapi hati - hati kawan karena samping kanan jalan berupa jurag / sungai terusan dari curug tersebut. 
Setalah melewati tangga menurun dan berkelok tadi anda akan sampai di Curug yang barada di tengah - tengah lembah jurang yang sangat tinggi. Dengan melewati bebatuan anda bisa sampai di depan jurug tersebut. Disana anda bisa berfoto- foto diatas batu - batu besar tersebut atau di air yang mengalir. 

Di depan Jurug anda bisa merasakan indahnya pesona curug Cipendok dengan air terjun yang turun seakan - akan berkejaran untuk turun dan hembusan angin yang dari terpaan air terjun tersebut. Kalau anda terlalu dekat mungkin anda akan cukup basah oleh cipratan air tersebut. Tingginya jurug ini membuat anda akan pusing jika melihat keatas / sekitar dinding curug. Jadi nikmati saja berfoto didepan jurug ini.

Baca juga: Tiket Masuk Germanggis Cilongok

Curug Cipendok terletak disebelah barat kota Purwokerto tepatnya di kecamatan Cilongok. Berjarak sekitar 40 menit dari kota Purwokerto anda bisa kesana dengan sepeda motor atau mobil dengan akses jalan yang halus akan tetapi cukup menanjak dan berbelok. Untuk kesana anda dapat ke arah Cilongok kemudian setelah menemui pasar lurus sedikit sekitar 500 meter ada pertigaan pertama (pertigaan sebelah kanan dari arah pasar Cilogok). Kemudian masuk ke pertigaan tersebut lalu ikuti arah jalan tersebut. Walau jalanya berbelok-belok akan tetapi sudah ada papan penunjuk jalan yang sangat jelas. Tinggal ikuti saja arah jalan tersebut dijamin tidak akan tersesat kok. Cukup Ikuti saja maka anda asti sampai.

Posting Komentar untuk "Pesona Curug Cipendok Cilongok Purwokerto"