GRATIS Panduan ECourse Cara Membuat Landing Page 2023 bersama Agungnesia Klik Disini

Cara Mengetahui dan Menggali Potensi Diri

Manusia dihadapkan pada suatu pandangan masa depan yang tidak pasti atau ketidak pastian dalam kehidupanya nanti, apakah akan bahagia, kaya, atuapun sebaliknya, hal ini lah yang menjadi pertanyaa oleh banyak orang tentang diri mereka nantinaya, akan menjadi siapakah dia nanti, seperti apakah dirinya dan mau bagaimanakah kehidupanya, segudang pertanyaan yang membingungkan untuk dijwab. Kita akan memulai menemukan sebuah jati diri, jati diri mempunyai banyak perspektif dalam pandangan ini saya akan memandang dari sudut pekerjaan seseorang, mengapa demikian karena status seseorang dilihat dari pekerjaan yang digelutinya, seperti halanya seseorang kadang lebih dikenal sebagai seorang guru bahasa inggris dari pada namanya sendiri, ini menunjukan bahwa misal bapak A adalah bapak guru bahasa inggris dan kita dapat lihat contoh dimasyrakat, seringkali orang akan menanyakan tentantang diri anda dan pekerjaan anda, dari hal tersebut dapat kita sipmpulkan jati diri anda adlah pekerjaan anda dan itu lah anda selama anda dalam satu bidang pekerjaan tersebut, dan ini bukanlah harga mutlak karen pekerjaan seseorang dapat berubah atau bergantai, dan justru dari sini dpata kita katatakan orang yang terlalu sering bergantai pekerjaan berartai dia belum menemukan jati dirinya, atau masih dalam keadaan transisi atau menemukan jati dirinya.dari sini satu mempunyai sebuah pendapat tentang penemuan sebuah jati diri seseorang. ada sejumlah tahap yang harus dilalui untuk mencapai kematangan diri tersebut.

1. Pilihan

Ini merupakan hal yang pertama yang kita hadapi, karena disni anda akan dihadapkan pada sejumlah kesempatan dan peluang yang sangat terbuka lebar dihadapan anda, dan orang akan sangat mudah tergiur adan memnadang semuanya adlah menarik, yang perlu digaris bawahi disini adalah terkadang orang hany berfikairan bahwa apap yang ada dihadapanya adlah yang terbaik, padahal itu belum tentu, karena semakin anda mempunyai banyak ilmu, relasi dan penglaman maka akan semakin besar pula kesempatan anda untuk melhat peluang pe;uang tersebut, dan disarankan terbukalah dengan hal-hal yang baru dan mau belajar sret tidak beranggapan sempit dalam ahla ini merasa bahwa bidang anda yang sekarang adlah yang paling baik dari yang lain, terus mencari dan menacai peluang baru.

2. Memilih

Disinilah anda kan semakin; bingung karena anda harus menentuka siapakah didi anda nantinay, pada ptahap ini merupakan tahap terpenting karen sangat menentukan hendak menjadi sipa anda nantinaya, walaupaun masih ada faktor-fakator lain diluar ini, karen memang pada dasarnaya kebebasan itu milik setiap manusiadan andpun berhak menjadi siapapun di dunia ini tanpa terkecuali, papkah anda hanya akn menjadi seorang pekerja serabutan ataukah anda akan menajdi seorang presiden, itu semua adlah mungkin dan sangat bisa terjadi pada diri anda. yang jadi persolan disin manakah yang harus anda pilih, krena tadi pda tahap satu anda sudah mempunyai banyak selkali pilihan yang membingungkan, sekarang adalah wakrunya untuk menentukan, untuk memeilih suatu keputusan ada beberapa hal yang harus anda pertimbangkan, diantairnay adlah,a. latara belakang dan pandangan anda tantang bidanga tersebut, karena semakin anda mempunyai dasar dalam bidang tersebuta maka semakin memudahkan anda untuk mempelajarinya.b.orang yang terjun dlam bidang tersebuta, dlam arti disini merak dapat kitajadikan cotntoh bagi anda, jika anda terjun dalam bidang tersebut maka andaakan bisa seperti mereka, dan jangan emnjeruskan anda pad acontoh orang yangslah.c. hobi atau minat anda dalam bidang tersebut, ketika andamerasa bahwa anda suka atau enjoy dlam menjalini bidang tersebit maka anda akan bisa jauh meniokmati pekerjaan tersebut ketimbang anad melakukan pekerjaan yangtidak anda suaki, karena iani akan berkaibata bahwa saat melakukan pekerjaan trersebut anda akn lebih abanyak mengeluh dan merasacapek dan lebih cepat bosan karaen anda tidak menyuakai pekerajaaan tersebut pada awalnya, jadi mengpa hoby disini menjadi alsan yang penting.d. jangan hanya mengejar uang, tapi jadilah orang yang pandai dalam memnafaatkan peluang, maksud saya disi janganhanya anda bekerja karen amerasa anda akn mendapatkjan gaji yang besar dari pekerjaan tersebut tanpa melihat masa dae[an dan lkemamapuananda yang anda kembangkan dlam pekerjaaa tersebut, karen uang akn bisa cepat habis akan tepati inveastasi tidak akn habis oleh waktu karen anda telahg menyerpanya dalam mempry anda yang akan menjadikan anda berpenglaman dan ahli dalma bidang tersebut.

3. Prioritas             

Pada dasarnya manusia bisa melakukan apaun dan tergantung pada apa yang dia utamakan atau dia prioritaskan, karena terkadang orang terlalu banyak melakukan sesuatu kegiatain atau pekerjaan yang membuat dirinya sibuk tetapitidak mendpatkan apapun. Dari sinilah mengapa orang perlu prioritas dan mengerjakanya sepenuh hati dan harus berani mengholanakn rasa takut pad adirinya sendiri bahwa dia akanmendpatkan apa yang dia inginkan dari satu bidang, sekarang yang jadi pertanyaan adalah, mana yang menjadi prioritas anda, apakah mencari ilmu, belajar,pengalaman bahkan mencari uang. Jika anda sudah memprioritaskan satu hal saya yakin anda pasti akan mendnpatkanya, jangan takut untuk mengerjakan satu bidang tersebut. Sebagai contaoh jika anda ingain mencari uang saya yakin anda kan benar-beanar mendpatkanya.

4. fokus   

Setelah anda punya sebuah prioritas maka anda harus focus pada prioritas pekerjaananda tersebut, terkadang terlihat rumput tetangga lebih hijau, akan tatapi itu belum tentu mungkin saja sintetis, fokuskan diri anda pada bidang anda dan terus lakukan sekalipun anda gagal, karena itu akan menjadikan pengalaman untuk anda dan justru dari hal itu anda menjadi ahlinya, Karen anda sudah tau seluk beluk bidanga anda ini. Bong Chandra mengatakan focus (follow one course until success) itu lah yang harus anda lakukan sebelum and melirik bidang lain, karena padap dasarnay orang tidak sulit untuk melakukan dua hal secar bersamaan dan lebih mudah secara bergantian secara professional.

5. Skill 

Disinilah anda akan menenmukan sebuah manfaat yang dapat andaraskan sendiri karena pada tahapinin anda sudah cukup merasa PD dengan diri anda, karena anda sudah  mempunyai nilai jual dan kemampuan dlam diri anda. Ketika ada orang meliahata anda saat anda mengerjakan sesuatu bidang dan anda adlah ahli didalamnya, maka anda akan diangapp orang yang pandai dlam bidang tersebut. Sperti layaknya kuda yang berlari snagat cepat keena dia punya bakat berlari yang sangat berguna dan dimanfaatkan oleh orang lain, hal ini lebih baik dari pada saat anda menjadi seekor angsa yang mampu terbang tetapi tidak sehebat elang. Mampu berlari tapi tidak  sehebat kuda, dan mampu berenag tetpai tidak sehebat ikan. Bakat ini lah yang sudah anda tettukan dari awakl dan menjadi identitas anda yang dapat and atwarkan kepada orang lain karena anda mempunyai manfaat dan nilai jual yang tinggi. Jadi anda tidak perlu lagi bingung tenatang diri anda krena anda sudah menmukanyanay sekarang dari kemapuan yang anda miliki sekarang ini.
stars share for humanities

Posting Komentar untuk "Cara Mengetahui dan Menggali Potensi Diri"