GRATIS Panduan ECourse Cara Membuat Landing Page 2023 bersama Agungnesia Klik Disini

Pelatihan Web bersama Rumah Inklusi Klaten

Beberapa tahu lalu tapatnya Bulan April 2016, saya mendapat kesempatan untuk memberikan pelatihan menulis artikel web Rumah Inklusi Klaten. Pelatihan ini yang berlangsung empat dalam empat kali pertemuan ini membuat saya merasa senang, terharu, dan bahagia karena pernah andil dalam eksistensi keberadaan difabel yang ada di Kabupaten Klaten. Tujuan diadakan pelatihan ini adalah agar semua difabel di yang tergabung dalam Paguyuban Penyandang Cacat Klaten (PPCK) mampu mengisi artikel di website Rumahinklusikalten.org.

Melalui tawaran teman saya beberapa minggu sebelum pertemuan pertama di bulan April saya diminta untuk memberikan pelatihan bagaimana menulis artkel di website. Berkat koordinasi dari teman - teman Mahasiswa Peduli Difabel Klaten yang tergabung dalam Rumah Inklusi Klaten. Hanya hanya bisa mengatakan upaya teman - teman mahasiswa dari beberapa Universitas ternama di Jogja dan Jateng ini luar biasa. 

Pelatihan ini diisi oleh dua orang yaitu saya sendiri dan teman saya yang mengajak saya dari salah satu Universitas Negeri di Jogja. Dalam tiga pertemuan pertama saya memberikan pelatihan menulis di website Rumah Inklusi Klaten, sedangkan teman saya memberikan pelatihan penulisan redaksi untuk mengisi web tersebut. 

Pada pelatihan yang berlangsung sekitar 1,5 jam ini sudah disusun sedemikan rupa oleh panitia. Pelatihan yang diberikan mulai dari materi yang paling dasar tentang pengenalan internet, pengenalan website, dan penulisan artikel. 

Melaui fasilitas yang lengkap seperti proyektor, WIFI, dan laptop baik milik PPCK maupun dari teman - teman mahasiswa menjadikan pelatihan ini berjalan sangat lancar. Bahkan hampir semua peserta telah bisa mempublikasikan karyanya yang bisa dilihat di Suara Difabel. Walaupun usia peserta yang rata sekitar 35 - 40 tahun tidak menghalangi mereka untuk mempelajari dunia website dan penulisanya. 

Setelah semua peserta mengenali penggunaan laptop, menghubungkan ke jaringan WIFI, dan membuka browser, teman - teman difabel dilatih untuk membuat username dan pasword yang nantinya digunakan untuk login ke web RumahInklusiKlaten.org. Setelah itu teman - teman difabel diajarkan cara menulis artikel (Pos) dengan beberapa format penulisan yang tepat dan baik seperti rata kanan kiri, menambah link, penggunaan subjudul, dan menambahkan foto. Tutorial ini juga bisa dilihat di tutorial cara menulis artikel di website yang telah di Publish pada pertemuan terakhir yaitu 8 April 2016.

Terimakasih buat Mahasiswa Peduli Difabel Klaten terus berbakti kepada negeri dan difabel. Terimakasih kepada seluruh peserta pelatihan dari PPCK karena saya merasa senang telah mengenal dan sedikit terlibat dalam kegiatan teman - teman difabel Klaten. Upaya teman - teman difabel dalam untuk membina dan merubah persepsi difabel sangat membanggakan. 

Agungnesia Agungnesia, seorang blogger yang fast respon melayani pembuatan artikel SEO dan pembuatan website di agungnesia.com

Posting Komentar untuk "Pelatihan Web bersama Rumah Inklusi Klaten"