29 Januari 2018

Buah Imitasi dari Botol Plastik

Agung Prasetyo

Ada yang menarik nhi dari penggunaan (reuse) sampah yaitu pohon berbuah botol. Kalau waktu lalu saya pernah share membuat kursi dari botol bekas dan membuat plang nama dari botol, nah kali ini ada buah imitasi dari botol plastik. Tepatnya dislah satu sudut kota di Purworjeo. 

Berbicara tentang penanggulangan sampah memang tidak ada habisnya. Dapat dikatakan seribu solusi untuk menjawab persoalan sampah. Setiap pribadi adalah penghasil sampah, so harus bijak juga donk dalam mengelola sampah sendiri. Mungkin kita sudah akrab dengan 3R (Reuse, Reduce, Recycle). 

Penggunaan kembali sampah tidak melulu mencari ide yang terlalu rumit. Ingat tujuan kita adalah mengurangi sampah dengan cara menggunakanya kembali. Misal punya ide kratif atau karya seni dari sampah plastik dan bahkan memiliki nilai ekonomi tinggi, anggap saja itu bonus. Yang terpenting tujuan kita mengurangi sampah sudah terlaksana. Kalau hanya terpatok pada gagasan, jatuhnya gak jalan - jalan, padahal sampah plastik sudah diprosuksi setiap hari. 

Waktu lalu, tanpa segaja saya mihat pohon yang rindang dengan buah yang lebat. Kalau gak salah pohon asam. Pohon ini menarik perhatian saya karena buahnya warna - warni. Yang lebih menarik lagi, buahnya bukan buah asam tapi berbuah botol bekas. Ya tepatnya pohon asam yang berbuah buah imitasi dari botol plastik.

Tidak hanya membawa kesan indah, tetapi ada pesan kesederhanaan pemikiran dari si Empunya. Yang punya rumah secara sederhana mampu mengelola sampah plastik tersebut. Selain itu, ada pesan edukasi kepada masyarkat yang melihatnya begini lo kalau mau buat taman dari botol bekas. 

Hanya dengan setuhan cat, menjadikan sampah botol plastik menjadi buah imitasi yang menarik. Selain mampu mengurangi sampah, cara ini juga mampu memperindah rumah khusunya pohon. Sangat sederhana bukan. 

Buah imitasi pada pohon asam ini mengingatkan saya pada hiasan lampu dari botol bekas yang ada di Small world Purwokerto. Tempat wisata ini juga memberikan contoh hanya dengan botol bekas minuman ringan mampu disulap jadi tempat lampu - lampu semacam lampion gitu dengan sangat menarik. 

Kamu punya ide apa untuk mengurangi sampah?

0 comments:

Posting Komentar

Terimakasih telah berkunjung, silahkan tinggalkan komentar