02 Februari 2018

Alun - alun Baru Purworejo, Ruang Public Syarat Filosofi

Agung Prasetyo

Mesikupun belum 100 persen jadi, Alun - alun baru Purworejo sudah menampakan jati dirinya.  Alun - alun Purworejo bukan lagi hanya sebagai tempat untuk jalan - jalan dan jajan. Makna filosifis pun secara kasat terlihat di ruang public ini. Icon dari kabupaten yang berbatasan dengan DIY ini ditampikan dengan apik dan instagramable.


Saya masih ingat betul beberapa tahun lalu, kala itu memang Alun - alun Purworejo sudah dibenahi. Ya plang "Purworejo" dengan makuk disebalah kananya adalah ciri bahwa sudah pernah ada renovasi sebelumnya. Plang ini bisa dijumpai di pertigaan masuk ke kota Purworejo dari arah Jogja. Pada akhir tahun 2017 saya rasa ada pembenahan yang sangat singifikan, bukan hanya secara fungsi, tetapi juga secara filosifis. Siapapun yang datang ke pusat kota ini, pasti akan langsung memahami siapa Purworejo.
Alun - alun yang berada di Timur Masjid Agung ini mempunya fasilitas yang ramah keluarga, bahkan semua kalangan usia. Spot - spot foto ditampilkan begitu sempurna dan bermakna di tempat ini. Kita bisa lihat replika duren, clorot, dan manggis, bahkan trotoarnya pun berlukiskan manggis. Spot ini cocok banget untuk remaja yang mengejar foto instgramable. Selanjutnya ada tempat beramin anak yang sangat ramai. Lokasi yang barada di sisi barat ini cocok untuk kelaurga. Anak - anak bisa main prosotan sepuasnya ditempat ini. 
Purworejo juga dikenal dengan slogan "berirama". Ya irama ini ditampilkan dalam pangung terbuka dengan latar tangga nada. Rasanya ingin sekali mengadakan acara ditempat tersebut. Pangung terbuka seperti ini cocok banget untuk mengakomodir berbagai kegiatan dan hiburan. 

Ya menarik perhatian saya lagi adalah kursi yang berada disisi baratnya. Ya tidak bisa dipungkiri, tindak semestinya yang bisa saja karena mereka belum tahu mana pantas mana malu. Nah disitu ada kursi yang saya sebut "kursi anti pacaran" pasalnya, kursi panjang yang memuat tiga orang itu ada sekatnya, jadi secara efektif mencegah duduk yang tidak sopan, apa lagi kalau dilihat anak - anak, kan gak enak. 
Di sisi Timur ada plang "Purworejo" dengan warna kuning yang mencoolok, tadinya plang Purworejo hijau dengan makuk diatasnya juga disini. Sekarang selain lebih besar, didepan tulisan ada air mancur warna warni yang muncul secara berbagian dari bawah. Lucunya air mancur ini dijadikan tempat keceh anak - anak, tapi gak apalah malah tambah menarik.

Dibagian timur sudah ada beberapa sarana olah raga, dan bagian tenggara ada berjajar semacam prasasti gitu. 

Secara keseluruhan Alun - alun Purworejo memberikan ruang publik dengan fasilitas yang lengkap untuk berbagai kegiatan, menurut saya ini adalah alun - alun terlengkap kali ya. Semoga segera jadi 100 persen dan menjadi icon baru di Purworejo. Alun - alun Purworejo icon yang menampilkan icon Potensi Purworejo.

0 comments:

Posting Komentar

Terimakasih telah berkunjung, silahkan tinggalkan komentar