06 Februari 2018

Blog Detik Resmi Ditutup Per 21 Januari 2018

Agung Prasetyo

Sudah pada tahu gak nhi kalau Blog Detik resmi ditutup per 21 Januari 2018 lalu?. Pastinya sudah gak asing kan dengan Blog Detik besutan DetikCom yang satu ini. Kita tahu bahwa Blog Detik sebagai salah satu platform host untuk membuat blog lokal Indonesia akhirnya tumbang juga.


Ane sempat bangga sih dengan hadirnya tempat membuat blog kaya Blogger dan Wordpress.com tapi asli besutan dalam negeri. Tapi ternyata, Blog Detik tak mampu bertahan lama, pada tahun 2018 ini harus undur diri dalam melayani pengguna internet.

Berbeda dengan Kompasiana dan Indonesiana, Blog Detik secara CMS lebih unggul, soalnya setiap pengguna dapat membuat alamat blog sendiri seperti namakamu.blogdetik.com layaknya di Blogspot. Selain itu, tampilan dasbor Blog Detik sudah cukup bagus kaya Blog Ponsel, akan tetapi penggunaan bahasa Inggrisnya masih terlalu banyak terutama pada fitur - fitur yang ada di kolom untuk menulis pos baru.

Penutupan Blog Detik secara resmi diumukan di web DetikCom dengan kutipan sebagai berikut:

Tahun 2008, Blogdetik pertama kali mejeng di jagat maya. Satu dasawarsa sudah Blogdetik memberi wadah untuk mereka yang haus akan menulis dan berbagi tulisan. Kini Blogdetik harus pamit undur diri dari perhelatan dunia maya. Mungkin nanti bakal ada penggantinya. So, tunggu saja kejutan berikutnya.
Menurut berita resmi di DetikCom, nantinya akan ada penggantinya. Ane sih berharapnya nanti ada blog host asli Indonesia lagi yang benar - benar kredibel, selain memiliki management dalam edit tampilan web yang fleksibel penggunaan bahasa Indonesianya juga perlu diperhatikan. Masak iya blog lokal Indonesia menggunakan Bahasa asing, ya terutama untuk istilah yang punya padananya dalam Bahasa Indonesia. Kalau sudah masuk ke istilah teknis nah baru dech boleh.

Sumber. 

Abdurrosyid, Muhammad. (Minggu, 21 Jan 2018 10:21). Selamat Tinggal Blogdetik!. Diakses dari: https://20.detik.com/detikflash/20180121-180121007/selamat-tinggal-blogdetik

0 comments:

Posting Komentar

Terimakasih telah berkunjung, silahkan tinggalkan komentar